Konsep yang diajarkan adalah bahwa 6 x 4 dibaca 6 kali, 4. Dengan kata lain 4-nya 6 kali. Dalam bahasa inggrisnya 6 times 4
Sehingga 6 x 4 berbeda konsepnya dengan 4 x 6. Memang secara hasil 4×6=6×4.
Tetapi dalam aplikasi kehidupan sehari-hari 4 x 6 sangat berbeda dengan 6 x 4.
Sehingga 6 x 4 berbeda konsepnya dengan 4 x 6. Memang secara hasil 4×6=6×4.
Tetapi dalam aplikasi kehidupan sehari-hari 4 x 6 sangat berbeda dengan 6 x 4.
Contohnya:
Ali mengambil buah jeruk sebanyak 6 kali, setiap mengambil membawa 4 buah jeruk => 6 kali, 4 => 6 x 4.
Konsep “enam kali” sangat berbeda dengan konsep “empat kali”.
Ali mengambil buah jeruk sebanyak 6 kali, setiap mengambil membawa 4 buah jeruk => 6 kali, 4 => 6 x 4.
Konsep “enam kali” sangat berbeda dengan konsep “empat kali”.
Dengan demikian kata “KALI” mempunyai makna tersendiri, bukan sekedar simbol operasi/bahasa matematika. Tetapi nantinya dikaitkan dengan aplikasi pada mata pelajaran lain sesuai dengan tema yang diajarkan di SD, terutama pada kurikulum 2013 menggunakan model pembelajaran tematik.
Dasar dari pembelajaran ini adalah bahwa siswa lebih dahulu mengerti tentang penjumlahan. Kemudian dengan jembatan pengetahuan sebelumnya, digunakan untuk menginjak ke pembelajaran selanjutnya tentang perkalian.
Anak lebih dahulu telah mengerti bahwa 4 + 4 + 4+ 4 + 4 + 4 hasilnya adalah 24.
Dari konsep itu anak dibawa pada pemahaman tentang perkalian,
bahwa 4 + 4 + 4+ 4 + 4 + 4 dibaca bilangan 4 ada 6 kali dengan kata lain 4-nya 6 kali.
Diubah ke bahasa matematika menjadi 6 kali 4 ditulis dengan simbol matematika menjadi 6 x 4.
Dari konsep itu anak dibawa pada pemahaman tentang perkalian,
bahwa 4 + 4 + 4+ 4 + 4 + 4 dibaca bilangan 4 ada 6 kali dengan kata lain 4-nya 6 kali.
Diubah ke bahasa matematika menjadi 6 kali 4 ditulis dengan simbol matematika menjadi 6 x 4.
Jadi: 6 kali, 4 (6×4) berbeda dengan 4 kali, 6 (4 x6).
Konsep ini juga nanti akan dibawa pada pembelajaran Pembagian Sebagai Pengurangan Berulang.
24:4= 24 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 =0
24:4= 24 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 =0
Tidak ada komentar:
Posting Komentar