Rabu, 20 Desember 2017

Pkn "Hidup Rukun"


Materi Ajar PKn kelas 2

  1. 1. Untuk SD/MI Kelas II
  2. 2. Gotong Royong Kerukunan Saling Berbagi Tolong Menolong di Rumah dan di Sekolah
  3. 3. Kita harus saling tolong menolong harus rukun dengan teman dalam keluarga harus rukun dan saling membantu apabila rukun hidup menjadi damai apabila saling tolong menolong pekerjaan akan menjadi ringan
  4. 4. A. Kerukunan 1. Keluarga yang Damai 2. Sekolahku Dambaanku a. Kawan yang Baik b. Sabtu Bersih c. Anak yang Pemaaf 3. Rukun Bertetangga a. Pentingnya Rukun dengan Tetangga b. Ditempat umum
  5. 5. B. SALING BERBAGI 1. Saling Berbagi dalam Keluarga 2. Tugas dan Tanggung Jawab Anggota Keluarga 3. Gotong Royong di Sekolah 4. Gotong Royong di Masyarakat
  6. 6. C. TOLONG MENOLONG DIRUMAH DAN DISEKOLAH  Suka Menolong Orang Lain Perbuatan Mulia saling menolong itu penting kita tidak bisa hidup sendiri, butuh pertolongan orang lain apalagi terhadap saudara sendiri memberi pertolongan kepada orang lain harus dengan hati ikhlas tanpa pamrih atau tidak mengharap imbalan
  7. 7. Pentingnya Tumbuhan bagi Kita Pentingnya Hewan bagi Kita Menjaga Kelestaran Alam Cinta Lingkungan Sekitar
  8. 8. Di kota besar penduduknya sangat padat gedung gedung tinggi menjulang banyak pabrik besar didirikan kendaraan melintas siang malam menyebabkan polusi udara
  9. 9. A. PENTINGNYA TUMBUHAN BAGI KEHIDUPAN KITA Udara kotor tidak baik bagi pernafasan untuk mengurangi pencemaran udara pemerintah mencanangkan gerakan menanam sejuta pohon Dan memiliki beberapa manfaat : 1. Sumber Udara Segar 2. Pencegah Bencana Banjir dan Tanah Longsor
  10. 10. B. PENTINGNYA HEWAN BAGI KITA  sebagian besar hewan dagingnya dapat dimakan  daging hewan mengandung gizi yang tinggi, gizi dibutuhkan untuk pertumbuhan  banyak hewan yang diternakkan untuk dimanfaatkan daging telur dan susunya  daging susu telur merupakan sumber gizi  gizi sangat dibutuhkan tubuh kita, gizi menjadikan kita sehat dan kuat
  11. 11. C. MENJAGA KELESTARIAN ALAM  Alam ciptaan tuhan yang maha kuasa  merupakan anugerah yang tidak ternilai harganya  alam diciptakan tuhan untuk kepentingan manusia  manusia harus dapat menjaga kelestariannya
  12. 12. 1. Menjaga Kelestarian Hutan - perlindungan terhadap hutan yang rusak - mengadakan penanaman pohon kembali atau reboisasi - melarang penebangan hutan sembarangan 2. Pelestarian Hewan Langka - mendirikan suaka marga satwa yaitu tempat untuk melindungi dan melestarikan hewan
  13. 13. Bentuk dan Cara Bermusyawarah Menghargai Suara Terbanyak Menerima Kekalahan Musyawarah
  14. 14.  Musyawarah adalah membicarakan sesuatu bersama sama  musyawarah untuk mengambil keputusan  musyawarah dapat dilakukan di rumah di sekolah dan di masyarakat  dalam musyawarah usulan atau pendapat ditampung  musyawarah dapat menghindari permusuhan dan pertengkaran
  15. 15. A. BENTUK DAN CARA BERMUSYAWARAH 1. Musyawarah di Rumah 2. Musyawarah di Sekolah
  16. 16. B. MENGHARGAI SUARA TERBANYAK  Pada awal tahun pelajaran di kelas dua diadakan pemilihan ketua kelas  calon ketua kelas adalah imron dan anton  kemudian bu guru menulis di papan tulis untuk selanjutnya diadakan pemungutan suara  yang mendapat suara terbanyak dialah yang akan menjadi ketua kelas  selanjutnya bu guru menyiapkan kartu suara yang dibuat dari kertas dipotong berbentuk persegi panjang lalu bu guru membagikan kertas suara.
  17. 17.  perhitungan suara dilakukan secara terbuka  satu persatu kartu suara dibaca  anton memperoleh suara lebih banyak  maka anton menjadi ketua kelas dua  bu guru memberi ucapan selamat kepada anton  disusul teman temannya tidak ketinggalan imron  anak anak kelas dua menjunjung tinggi hasil keputusan berdasarkan perhitungan suara
  18. 18. C. MENERIMA KEKALAHAN  Setiap hari rabu ada pelajaran olahraga  kali ini bu guru mengajak anak anak bermain kasti  anak anak dibagi menjadi dua regu setiap regu terdiri atas dua belas anak  regu a menjadi pemain lebih dahulu  regu b sebagai penjaga  bu guru menjadi wasit tina sebagai pencatat nilai  kedua regu bermain dengan bersemangat
  19. 19.  permainan semakin seru regu a dan regu b silih berganti menjadi pemain  waktu bermain selesai mereka semua melihat papan nilai  regu b sebagai pemenang  regu a menerima kekalahan dengan lapang dada  mereka sudah melakukan dengan sungguh sungguh  selesai permainan anak anak saling berjabat tangan  kalah atau menang itu hal biasa
  20. 20. KEJUJURAN KEDISIPLINAN SENANG BEKERJA
  21. 21. A. KEJUJURAN  Kejujuran adalah sikap yang mencerminkan satu kata dan perbuatan  artinya ucapannya sama dengan perbuatannya  orang yang jujur selalu berkata benar tidak berbohong dan apa adanya  orang jujur dapat dipercaya  orang jujur disukai banyak orang
  22. 22.  Sikap anak yang jujur : 1. Berani Berkata Jujur 2. Jujur dalam Bermain 3. Jujur dalam Belajar
  23. 23. B. KEDISIPLINAN  Disiplin adalah sikap selalu menaati peraturan  disiplin dimulai dari diri sendiri  disiplin diperlukan untuk menciptakan kehidupan yang teratur  disiplin kita lakukan di rumah di sekolah dan di masyarakat
  24. 24. C. SENANG BEKERJA  Rajin bekerja sebaiknya dimulai sejak kecil  di rumah kita mendapat pelatihan dari orang tua  bapak ibu senang dengan anak yang rajin  banyak pekerjaan yang dapat dilakukan  contohnya menyapu lantai membersihkan meja mencuci piring dan lain lain  pekerjaan itu kelihatan ringan  jika tidak sungguh sungguh terasa berat  kita harus melakukannya setiap hari  kita lakukan dengan senang hati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar